Senin, 02 Januari 2012

PERBEDAAN POLITIK DI BERBAGAI NEGARA

PERBEDAAN POLITIK DI BERBAGAI NEGARA

       Setiap Negara memiliki sistem politik yang berbeda - beda,perbedaan tersebut dapat di pandang dari bentuk Pemerintah,bentuk Negara,Sistem Kabinet,bentuk parlemen,dan lain-lain.

a).   Dipandang dari bentuk Negara
               Secara umum terdapat dua bentuk Negara yaitu Kesatuan dan serikat/federasi.Negara Kesatuan     merupakan negara tunggal,jadi tidak ada Negara dalam Negara,dan Negara serikat merupakan sebuah negara dimana negara tersebut terdiri atas beberapa negara bagian.

b).   Dipandang dari bentuk pemerintahan
               Terdapat dua bentuk pemerintahan yaitu Republik dan kerajaan,Negara Republik di pimpin oleh seorang Peresiden yang diangkat melalui pemilu,sedangkan kerajaan di pimpin oleh seorang raja yang di angkat secara turun temurun.

c).   Dipandang dari Sistem kabinet  
                Perbedaan Sistem politik bila di pandang dari system kabinet dapat di bedakan menjadi dua yaitu kabinet ministerial dan kabinet Presidensial.dalam cabinet ministerial eksekutif adalah perdana mentri sedangkan cabinet Presidensial Kabinet dipimpin oleh Peresiden dan dibantu oleh para Mentri sehingga Mentri bertanggung jawab terhadap Presiden.

d).   Dipandang dari Bentuk Parlemen
                 Bentuk parlemen terbagi dua yaitu Monocameral dan Bicameral,monocameral merupakan sistem politik satu kamar dan Bicameral merupakan bentuk parlemen dua kamar.

Perbedaan Sistem politik Negara Indonesia dengan sistem plitik Negara Liberal dan Komunis

-         Sistem politik Negara Indonesia

              Sistem politik yang di terapkan di Indonesia merupakan sistem politik yang berdasarkan dengan Demokrasi Pancasila, Pelaksanaan Demokrasi pancasila dapat di bedakan menjadi dua aspek yaitu

a.       Aspek Material
Dalam Hal ini demokrasi pancasila tidak hanya merupakan demokrasi pandang dari aspek politik tetapi dipandang juga dari aspek yang lain seperti Ekonomi dan Sosial.




b.      Aspek Formal
Demokrasi pancasila sebagai bentuk/cara pengambilan keputusan yang di cerminkan oleh sila ke empat,dan dalam pelaksanaanya demokrasi pancasila menganut Perinsip-prinsip sebagai berikut.
1). Persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia
2). Mewujudkan rasa keadilan sosial,keseimbangan antara hak dan kewajiban
3). Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada ketuhanan yang maha Esa,diri sndiri dan orang lain
4). Pengambilan Keputusan dengan musyawarah Mufakat
5). Menjunjung Tingi tujuan dan cita-cita nasional
6). Mengutamakan perstuan Nasional dan kekeluargaan

-         Sistem politik Negara Liberal

      Di negara liberal Idiologinya menganut paham Liberalisme,dan demokrasi yang tumbuh adalah demokrasi konstusional.Kehidupan demokrasi warga negara erdasarkan atas konstitusi Liberal,hakekat dari Konstitusi Negara liberal adalah sebagai berikut

               1). Membatasi kekuasaan pemerintah atau penguasa agar tidak bertindak      sewenang-wenang terhada warganya
               2).  Menjamin Hak-hak kebebasan warga Negara

-         Sistem Politik di Negara Komunis

                      Negara-Negara komunis tidak mengenal gagasan-gagasan konstitusionalisme,kaum komunis menolak gagasan konstitusionalisme karna seluruh aktivitas kenegaraan harus di tujukan kepada tercapainya masyarakat komunis.Konstitusi Negara Komunis mengikuti perkembangan kea rah terbentuknya masyarakat Komunis dan akan diganti suatu tahap yang lebih maju. 
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar